Anda pasti penasaran apa saja yang biasa digunakan dalam pembuatan produk pembalut wanita secara alami. Saat ini memang sedang marak produk yang praktis kemudian dikemas dengan bahan-bahan alami. Sebab manfaat dari bahan alami tersebut memang akan sangat menjaga keamanan dari organ intim wanita. Selain itu juga, pembalut wanita yang tidak menggunakan bahan kimia ini tentunya nyaman dipakai dan tidak memiliki efek samping yang bisa memunculkan penyakit di area kewanitaan.

 

Organ genital pada wanita memang harus dijaga dengan baik. Anda bisa memulainya dengan memilih pembalut yang memang sesuai untuk kebutuhan pada saat datang bulan. Bahan alami merupakan pilihan yang paling tepat untuk menjaga keamanan dan juga kehigienisan. Apalagi saat beraktivitas sehari-hari.

 

Bahan alami yang masuk dalam proses pembuatan pembalut wanita, juga dapat mengurangi berbagai resiko penggunaan produk dalam jangka waktu yang lama. Akan tetapi hal tersebut juga harus disertai dengan menjaga kebersihan area kewanitaan seperti membersihkan organ genital dengan sabun pembersih tanpa pewangi, lalu tidak menggunakan celana yang ketat, serta mengganti pembalut setiap 3 sampai 4 jam sekali.

 

Ada Beberapa Bahan Alami yang Biasanya dalam Pembuatan Pembalut Wanita

 

Alasan bahan alami sangat baik dalam menjaga kesehatan organ reproduksi kewanitaan dibandingkan dengan penggunaan bahan kimia yaitu tidak menimbulkan reaksi seperti iritasi.  Sebab, produk yang menggunakan bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi apalagi bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

 

  1. Peppermint

Tanaman yang satu ini tidak hanya bisa digunakan dalam masakan. Akan tetapi, kegunaannya dalam dunia kesehatan tentunya sangat penting. Begitu pula dengan pembuatan dari pembalut wanita, manfaatnya juga sangat besar yaitu dapat membuat pemakainya rilex, kemudian dapat mengurangi kepanasan hingga bisa menciptakan sensasi segar, lalu dapat menghindari gatal-gatal pada organ reproduksi.

  1. Maifan Stone

Bahan alami yang satu ini dikenal juga dengan batu mineral. Kandungan yang terdapat di dalamnya berupa senyawa silikat. Dilansir dari The Compendium of Materia Medika, bahan alami ini merupakan resep dari dari zaman Dinasti Ming yang dipercaya yaitu dapat membuang racun dengan baik. Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa ada banyak pakaian yang menggunakan serat fiber yaitu dari mifan stone ini sehingga aman untuk kesehatan.

  1. Borneol

Bahan alami yang satu ini dikenal juga dengan Bing Pian yang merupakan komponen dari bio organik. Manfaatnya juga dapat digunakan sebagai moksa sehingga penggunaannya dapat meningkatkan sirkulasi darah. Mengurangi pembengkakan di dalam tubuh. Menghilangkan nyeri dan juga kaku, serta dapat mengurangi tingkat stres dan juga meredakan kelelahan. Manfaat lainnya yaitu dapat menyembuhkan infeksi kulit maupun sebagai bahan antibacterial.

  1. Alumen

Komponen kimia ini yang merupakan potasium alun sudah digunakan oleh orang-orang Mesir sejak 1500 tahun SM. Manfaatnya yaitu dapat menjernihkan air. Sifatnya dapat sebagai astringen dan juga antiseptik. Bahan yang satu ini banyak digunakan dalam bidang medis maupun kecantikan yaitu sebagai alat pembeku maupun penghentian darah. Kegunaan bahan ini dapat meningkatkan efek pembuatan dari vaksin, bisa juga untuk terapi 

 

Bahan-bahan alami seperti peppermint, alumen, borneol, maifan stone ini dapat anda temukan dalam satu produk yaitu softly. Pembalut wanita ini memiliki berbagai keunggulan seperti memiliki elastisitas yang tinggi, proses produksi dari produk ini juga sangat higienis dan lebih efektif, serta efisien saat dipakai dengan daya serapnya yang sangat tinggi.