Meskipun dikenal sebagai sinar yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, sinar UV juga dikenal dengan efeknya yang berbahaya. Pasalnya manfaat yang diberikan oleh sinar UV hanya dapat diperoleh dalam waktu-waktu tertentu saja. Sementara itu, jika melewati batas waktu tertentu, maka efek yang ditimbulkannya pun akan turut berbeda pula.

Untuk Anda yang ingin melindungi diri dari paparan sinar UV yang membahayakan bagi kesehatan tubuh. Tentunya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Ingin tahu apa saja? Berikut beberapa cara yang bisa Anda ikuti, di antaranya :

       1. Menggunakan pakaian tertutup

Ketika Anda beraktivitas diluar rumah, ada baiknya untuk menggunakan jenis pakaian tertutup yang nyaman untuk digunakan. Karena dengan menggunakan jenis pakaian tersebut, tentunya kulit Anda pun akan lebih terlindungi dari paparan sinar UV. Selain itu usahakan pula jika pakaian yang digunakan memiliki warna gelap. Karena hal tersebut akan memberikan perlindungan lebih baik dibandingkan dengan jenis pakaian yang berwarna terang.

Selain pakaian yang tertutup, ada baiknya jika Anda juga menggunakan penutup kepala seperti halnya topi. Usahakan topi tersebut dapat melindungi bagian kepala dan juga wajah Anda dari paparan sinar matahari. Bahkan untuk Anda yang berkendara, usahakan pula untuk menggunakan sarung tangan dan juga kaos kaki.

       2. Menggunakan kacamata hitam atau anti     UV

Saat Anda ingin melihat matahari, usahakan untuk tidak melihatnya secara langsung dengan mata kosong. Pasalnya kulit yang terdapat disekitar mata merupakan jenis kulit tipis yang sangat rentan terkena kanker. Tidak hanya itu, paparan sinar matahari yang masuk ke dalam mata juga dapat menimbulkan beberapa efek berbahaya, seperti halnya katarak atau bahkan kerusakan mata secara permanen.

Untuk menghindari berbagai macam hal berbahaya tersebut, ada baiknya jika Anda menggunakan kacamata hitam bahkan akan lebih baik jika kacamata yang digunakan adalah jenis kacamata anti UV. Dengan demikian, penggunaannya pun dapat melindungi mata Anda dengan lebih baik

       3. Menggunakan payung anti UV

Ketika berada di ruang terbuka dengan kondisi suhu udara di luar yang panas, pastikan pula untuk menggunakan payung anti UV. Jenis payung ini dapat melindungi diri Anda dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Meskipun payung umumnya digunakan pada saat hujan, namun payung anti UV tentunya lebih cocok digunakan saat matahari terik. Karena ia dapat memberikan fungsi yang lebih baik bagi para penggunanya.

4. Menggunakan produk pelindung kulit

Cara lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah bahaya yang ditimbulkan oleh sinar UV adalah menggunakan produk perlindungan kulit. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan sunscreen atau bahkan body lotion. Namun untuk mendapatkan efek perlindungan terbaik, usahakan untuk menggunakan Elia Body Lotion, selain dikenal sebagai produk perawatan kulit, Elia juga dapat melindungi kulit Anda dari bahaya paparan sinar matahari.

      5. Menghindari lokasi yang memantulkan cahaya

Bagian paling akhir untuk menghindari efek berbahaya yang ditimbulkan oleh sinar UV adalah menghindari lokasi yang memantulkan cahaya. Bagi Anda yang tidak diwajibkan untuk keluar rumah, tentunya rumah menjadi lokasi atau tempat berlindung yang paling tepat.

Akan tetapi jika aktivitas keseharian Anda umumnya dilakukan di luar ruangan, maka usahakan untuk menghindari beberapa lokasi tertentu. Dalam hal ini, usahakan Anda tidak berada pada lokasi yang terkena sinar matahari secara langsung, karena hal tersebut tentunya akan membahayakan kondisi kesehatan kulit Anda.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghindari efek berbahaya dari paparan sinar UV.